Selasa, 13 November 2018

Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2019 Untuk SMP/MTs

Manual pendataan CAPESUN SMP/MTs 2019 - Salah satu dokumen yang harus disiapkan oleh pihak sekolah sebelum menghadapi ujian nasional adalah modul pendataan calon peserta ujian nasional. Di mana dalam modul tersebut berisi tentang alur, panduan dan tata cara mendata siswa calon peserta UN secara online melalui laman web khusus.

Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2019 Untuk SMP/MTs
modul CPUN SMP 2019

Panduan penggunaan sistem pendataan calon peserta ujian nasional online ini dibuat oleh pemerintah sebagai referensi dan pegangan bagi operator untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat meng-input atau entry data siswa ke sistem bioun SMP/MTs tahun 2019.

Baca juga: Panduan Pendataan dan Input Calon Peserta UN di Laman UNBK

Pertama yang harus kita lakukan sebelum entry data CPUN/CAPESUN SMP/MTs 2019 secara online adalah melakukan login ke sistem. Oleh karena itu, kita harus tahu apa username dan password bioun SMP/MTs tahun 2019 yang telah didistribusikan.

Jika username tahun kemarin tidak bisa dibuat login, coba tambahkan angka 0 (nol) sebelum kode sekolah, demikian juga dengan password tambahkan angka 0 (nol) sebelum kode sekolah.

Langkah-langkah login di bioun tingkat SMP/MTs adalah sebagai berikut:
  • Langkah 1 : Pada saat pertama kali dibuka maka Anda akan berada di halaman web form login
  • Langkah 2 : Masukkan Username pada kolom Username dan password pada kolom Password
  • Langkah 3 : Masukkan kode Captcha sesuai dengan yang muncul di layar pada kolom Security Code
  • Langkah 4 : Klik tombol Login. Bila muncul pesan kesalahan berarti Anda salah memasukkan User Name atau Password, Anda harus mengulangi pengisiannya
  • Langkah 5 : Selanjutnya bila telah berhasil login Anda akan di bawa ke modul Utama
Mohon diperhatikan bahwa ketika Anda telah login ke dalam sistem dan berada pada modul utama, jangan sampai Anda menekan tombol Back dan Refresh yang terdapat pada menu browser Internet Explorer. Hal ini akan menyebabkan Anda terlempar ke luar dari sistem, sehingga menyebabkan perubahan data yang telah Anda lakukan tidak akan masuk ke dalam Database. Untuk kembali ke dalam sistem Anda harus melakukan prosedur login di dalam form login.

Selengkapnya tentang teknis penggunaan web bioun bisa dibaca pada Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2019 Untuk SMP/MTs yang bisa anda download di bawah ini.


Demikian Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2019 Untuk SMP/MTs yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat bekerja.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

This Is The Newest Post

1 komentar so far

tentunya mbantu banget bagi para operator jika terjadi masalah saat pelaksanaan ujian ya...sebab gimaanapun namanya manual mah penting atuh da....kumaha weh manual Hp saat baru beli....walaupun jarang juga yang baca manualnya hehe

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon