Kamis, 01 November 2018

Inilah Poin Penting Perubahan SBMPTN 2019 Terbaru

Fakta perubahan SBMPTN 2019 - Halo para pejuang PTN. Mungkin kamu adalah salah satu calon mahasiswa yang telah memperiapkan diri dan mengatur strategi untuk menghadapi SBMPTN 2019 nanti. Sudah tahukah kamu bahwa sistem seleksi masuk PTN telah memiliki banyak kebijakan baru?

Fakta Kebijakan Baru SBMPTN 2019

Demi masuk di Perguruan Tinggi Negeri impian, banyak pejuang yang sudah mulai mencari kisi-kisi soal, mempelajari berbagai materi dan contoh latihan soal. Bahkan telah merancang strategi sebaik mungkin agar lolos seleksi.

Baca juga:

Namun, beberapa pekan terakhir muncul wacana adanya berbagai perubahan di SBMPTN 2019 yang membuat mereka bingung, gelisah, dan ada juga yang khawatir persiapannya akan jadi sia-sia. Oleh karena itu ayo kita kupas tuntas apa saja perubahan SBMPTN yang akan diterapkan tahun depan.

Apa yang Berubah di SBMPTN 2019


Sebelum tempur, mari kenali dulu poin penting perubahan SBMPTN 2019. Dengan memahami fakta ini kamu pasti bisa membedakan perbedaan SBMPTN tahun sebelumnya. Sehingga kamu lebih mantap mempersiapkan diri dari sekarang.

Berikut poin penting perubahan kebijakan baru SBMPTN tahun 2019 mendatang:
Perubahan SBMPTN 2018 SBMPTN 2019
Alur seleksi langsung pilih jurusan & PTN baru ujian ujian dulu baru daftar dan pilih jurusan
Sistem ujian Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
Materi ujian TKPA dan TKD TPS dan TKA
Kesempatan ikut satu kali ujian maksimal dua kali ujian
Kuota 30% 40%

1. Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru


Alur pendaftaran masuk PTN berbeda dari tahun 2018 kemarin. Sebelumnya kamu bisa langsung menentukan jurusan lebih dulu. Sedangkan sekarang kamu harus belajar dulu baru kemudian memilih juruan. Kurang lebih alur mengikuti SBMPTN 2019 adalah daftar - ikut ujian - dapat nilai - memilih 2 jurusan PTN - pengumuman kelulusan masuk PTN.

2. Metode Ujian Menggunakan UTBK


Perubahan selanjutnya, ujian seleksi menggunakan kertas akan ditiadakan atau dihapus. Tes SBMPTN 2019 berganti menggunakan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tentu saja pemanfaatan teknologi sangat berperan penting. Untuk itu, saran saya ikutilah kursus / try out online yang semirip mungkin dengan ujian SBMPTN 2019 yang asli.

3. Perubahan materi menjadi TKA (saintek & soshum) dan TPS (uji kemampuan dasar)


Sebelumnya peserta harus mengerjakan soal Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD). Namun, materi ujian SBMPTN 2019 diganti menjadi Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Kemampuan Skolastik (TPS).

Belum ada gambaran jelas dimana letak perbedaannya. Mungkin hanya berbeda istilah saja tetapi tujuannya tetap sama. TKA bertujuan untuk mengukur kemampuan pengetahuan dalam menganalisa materi di sekolah. Sedangkan TPS bertujuan mengukur kemampuan kognitif yakni penalaran materi.

4. Kesempatan Mengikuti Dua Kali Ujian


Tentu ini merupakan kabar gembira buat kamu, peserta SBMPTN 2019 bisa mengikuti tes seleksi maksimal dua kali dalam setahun. Jadi jika nilai tes pertama jelek, kamu bisa memperbaikinya melalui tes yang kedua. Nilai tertinghilah nantinya yang digunakan sebagai acuan masuk PTN pilihan kamu. Adapun biaya tes SBMPTN 2019 adalah Rp. 200.000 / ujian.

5. Jadwal Pelaksaan UTBK Mulai Bulan Maret 2019


Belum rilis tanggal-tanggal pastinya, tes seleksi SBMPTN 2019 akan dimulai pada bulan Maret - Mei dan dilaksanakan sebanyak 24 gelombang setiap Sabtu & Minggu di 85 PTN yang berbeda. Untuk mengetahui kapan tanggal pasti UTBK kamu harus lebih aktif di internet atau langsung konsultasi pada guru / kepala sekolah.

6. Soal Dirancang Menggunakan HOST


Akan ada sedikit banyak perubahan bentuk soal SBMPTN 2019, yakni menggunakan HOST (High Order Thinking Skills) yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Melalui HOST ini peserta harus bisa menggunakan ilmu yang telah dimilikinya untuk menganalisa, mengevaluasi, dan menciptakan sesuatu.

Penerapan HOST di SBMPTN mungkin soal ujiannya akan lebih sulit. Peserta dituntut untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan logika matematika, critical thinking, serta problem solving skill. Oleh karena itu, kamu harus lebih giat belajar dan sering-sering mengerjakan contoh soal latihan. Bukan hanya sekedar menghafal dan memahami saja, tetapi juga menalar, menganalisa, dan mencipta.

7. Uji Keterampilan Diganti Dokumen Portofolio


Berbeda dengan SBMPTN sebelumnya, tahun 2019 nanti uji keterampilan akan di hapus dan diganti dengan seleksi portofolio saja. Peserta akan diminta melampirkan dan mengunggah dokumen portofolio prestasi-prestasi yang dimilikinya.

Ini merupakan sinyal bagi kamu yang ingin masuk PTN jurusan seni dan olahraga agar mempersiapkan diri sedini mungkin. Ikutilah kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang sesuai dengan jurusan yang kamu minati nanti.

Demikian beberapa Poin Penting Perubahan SBMPTN 2019 yang perlu kamu ketahui. Namanya juga kebijakan, sewaktu-waktu dan kapan saja bisa berubah. Maka penting bagi kamu bisa membedakan mana informasi resmi dan informasi yang sudah tidak berlaku lagi. Ikuti perkembangan masuk PTN melalui situs-situs terpercaya. Silahkan baca selengkapnya Ini Situs Resmi Informasi SNMPTN dan SBMPTN 2019.

Jangan takut dan tidak perlu khawatir. Sejatinya segala usaha yang sudah kamu persiapkan dari kemarin tidak akan sia-sia dan pasti ada manfaatnya. Tunjukkan bahwa kamu adalah pejuang PTN sejati yang tak akan berhenti sampai berhasil. Toh nanti ujiannya bisa kamu ikuti sampai 2 kali. Jika hasil di tes pertama jelek, masih ada kesempatan memperbaiki nilai di tes yang ke dua. Semoga info ini bermanfaat.
Sumber: https://sbmptn.ac.id/, http://snmptn.ac.id/, https://ristekdikti.go.id/, https://www.quipper.com/id/blog/sbmptn/informasi-sbmptn/perubahan-penting-di-sbmptn-2019/, https://tirto.id/soal-soal-hots-yang-bikin-siswa-pusing-itu-penting-cStV

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon