Kamis, 24 Januari 2019

Begini Cara Ampuh Mengerjakan Soal HOTS di UNBK 2019

Tips mengerjakan soal HOTS di UNBK 2019 - Halo adik-adik yang berbahagia. Sudah siapkah kamu menghadapi Ujian Nasional? Tahun ini pemerintah kembali melaksanakan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) dan berencana meningkatkan soal dengan tipe HOTS antara 15 sampai 20 persen.

Cara Ampuh Mengerjakan Soal HOTS di UNBK 2019

Pada tahun 2018 kemarin banyak teman-teman yang mengeluh merasa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal UN terutama mapel matematika. Sebagian besar dari mereka merasa soal yang diujikan tidak sesuai dengan materi yang mereka pelajari selama sekolah. Mengapa demikian? Karena mereka belum seberapa memahami soal bertipe HOTS.

Ya, tahun kemarin ada beberapa soal yang memang membutuhkan daya nalar tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) untuk bisa menjawabnya. Begitupun tahun 2019 ini pemerintah akan tetap menyisipkan soal HOTS di UN 2019 dengan harapan siswa atau para peserta UN lebih rajin belajar dan lebih serius mengerjakan soal-soal UN.

Bahkan, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, soal UN dengan konsep HOTS tahun ini akan lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Kemendikbud memasukkan soal HOTS dengan tujuan untuk meningkatkan daya serap kemampuan siswa yang awalnya hanya level basic menjadi higher thinking skill.

Tips Mengerjakan Soal HOTS di UN 2019


Melihat kenyataan itu, kamu sebagai calon peserta UN tentunya harus mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya mampu mengerjakan soal UN dengan sempurna. Nah, supaya kamu lebih siap dan matang, berikut cara ampuh mengerjakan soal HOTS di UNBK 2019 yang bisa kamu terapkan mulai sekarang:

1. Belajar sesuai dengan kisi-kisi UNBK 2019


Soal tipe HOTS mungkin akan membuat kamu bingung dan pusing harus belajar di mana. Nah, supaya kamu bisa fokus belajar dan lebih terarah, maka kamu wajib mempelajari kisi-kisi UN 2019 yang secara resmi telah dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi kamu jadi tahu apa saja Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kamu bisa lebih fokus belajar untuk materi yang akan diujikan. Pastikan kisi-kisi yang kamu pelajari resmi dari BSNP. Kamu bisa download kisi-kisi UNBK 2019 resmi di sini.

2. Belajar lebih intensif untuk mendalami konsep materi


Penting kamu mengerti bahwa soal HOTS mempunyai level lebih tinggi dibanding soal biasa. HOTS membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Soal UN berbentuk HOTS akan lebih sulit dibandingkan soal-soal UN biasanya. Pastikan kamu mengetahui Apa Sih Bedanya Soal HOTS dan Soal yang Bukan HOTS?

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi. Kamu tidak bisa hanya menghafal atau mempelajari rumus cepat. Kamu harus mengetahui makna dari sebuah definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan satu bab dengan bab-bab lain yang sudah dipelajari sebelumnya.

3. Kategorikan soal menggunakan tanda


Ingat, pada UNBK 2019 mendatang soal HOTS berjumlah antara 15 sampai 20 persen dari jumlah total seluruh soal. HOTS memang tergolong sulit, namun tidak semua soal UN sulit, pasti ada yang mudah dan sedang. Supaya sukses menghadapinya maka diperlukan strategi khusus untuk mengerjakan soal-soal UN, yakni dengan memberi tanda untuk mengkategorikan soal-soal UN.

Buatlah tanda untuk ketiga kategori soal ini di secarik kertas yang sudah kamu beri nomor. Kamu bisa memberikan tanda silang (X) untuk soal kategori sulit, tanda bulat (O) untuk soal kategori sedang, dan tanda centang (V) untuk soal kategori mudah.

Jadi ketika menghadapi UNBK nanti kamu harus membawa alat tulis. UNBK memang menggunakan media komputer, namun bukan berarti kamu tidak akan membutuhkan alat tulis.

4. Buatlah belajar menjadi hal yang menyenangkan


Dari ketiga tips mengerjakan soal HOTS di UNBK yang tercantum di atas, cara inilah yang paling penting dan harus kamu lakukan, yakni dengan cara membuat belajar menjadi hal yang menyenangkan bukan hal yang membosankan.

Mempersiapkan diri menghadapi ujian yang semakin mepet tentu membuat jadwalmu semakin padat. Kamu juga bisa stres akibat tekanan yang mengharuskan kamu memahami seluruh materi dan keinginan untuk mendapatkan nilai sempurna.

Sekali lagi, belajar tidak selamanya membosankan dan bikin stress. Kamu bisa membuatnya menjadi sesuatu yang menyenangkan bahkan membuatmu ketagihan belajar. Caranya bagaimana? Yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi dan informasi masa kini. Cobalah kunjungi situs yang akan membantu membuat belajarmu menjadi menggembirakan berikut:

  1. https://ruangguru.com/
  2. https://www.zenius.net/
  3. https://www.quipper.com/id/

Itulah 3 situs belajar online terbaik yang bisa kamu coba. Melalui situs tersebut kamu akan mendapatkan Video yang beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis bikin belajar jadi seperti main game. Kamu juga bisa lebih cepat memahami konsep materi dari visualnya yang menarik.

Di dunia ini apa sih yang sulit jika kita mau berusaha dengan keras? Termasuk mengerjakan soal HOTS di UNBK 2019 yang awalnya mungkin kamu anggap sulit akan menjadi sangat mudah jika segalanya telah dipersiapkan dari awal. Berusahalah sekeras mungkin, agar kamu tidak menyesal dan bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Menangis sekarang, bahagia kemudian! Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon