Rabu, 09 Januari 2019

Download Kisi-Kisi UNBK dan USBN 2019 Resmi Dari Kemendikbud

Kisi-Kisi USBN dan UNBK 2019 - Halo adik-adik yang berbahagia, akhirnya kemendikbud dan BSNP telah secara resmi memberikan kisi-kisi soal UN dan USBN tahun 2019 untuk kita semua. Kisi-kisi tersebut merupakan modal utama mempelajari materi yang akan keluar di ujian nasional nanti.

kisi-kisi soal unbk tahun 2019 resmi

Kisi-kisi soal merupakan kerangka dasar yang dibuat untuk tindak lanjut dalam penyusunan soal ujian. Kisi-kisi soal disusun dengan tujuan untuk memberi gambaran tentang bentuk soal dan materi yang akan diujikan. Dengan adanya kisi-kisi soal maka diharapkan terciptanya standar kompetensi lulusan (SKL) yang sesuai sasaran.

Jika adik-adik ingin tahu prediksi soal UN 2019 dan USBN 2019, baik itu SMP, SMA, dan SMK, maka kalian bisa langsung mempelajarinya melalui kisi-kisinya yang bisa langsung kalian unduh di sini.

Ujian Nasional merupakan kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk jenang SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB pada setip akhir tahun pelajaran. Kegitan evaluasi tersebut dibuat berdasarkan peraturan pemerintah untuk mengukur kemampuan siswa diseluruh Indonesia berdasarkan SKL yang telah ditetapkan.

Lihat juga:

Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah sebagai berikut:
  • Ujian Nasional (UN) → SMP/MTs : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); SMA/MA : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan; SMK : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mapel Pilihan sesuai program dan peminatan
  • Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan pendidikan

Download Kisi-Kisi USBN dan UNBK 2019 Lengkap


Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 telah dirilis langsung oleh pemerintah melalui laman resminya.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Kamu bisa langsung download dan mempelajari kisi-kisi untuk mengetahui bocoran soal melalui link di bawah ini:

Kisi-Kisi UNBK 2019 - https://s.id/kisi-kisiUN2019


Kisi-Kisi USBN 2019 - http://s.id/kisi-kisiUSBN2019


Ketua BSNP Bambang Suryadi menyatakan, secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.

“Kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujian," ucap Bambang dilansir dari laman BSNP.

Terkait dengan soal, tambah Bambang, untuk USBN ada soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen.

Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen. Sisanya, 75-80 persen soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

"Soal UN 100 persen disiapkan oleh Pusat," tulisnya.

Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019.

“Waktu pelaksanaan UN 2019 sedikit bergeser ke depan dibandingkan tahun 2018. UN tahun 2018 dimulai pada bulan April, sedangkan UN tahun 2019 dimulai pada bulan Maret. Pergeseran ini karena menyesuaikan waktu puasa Ramadhan yang diproyeksikan mulai tanggal 5 Mei 2019," ujar Ketua BSNP.

Jadwal UN SMK/MAK tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019, sedangkan jadwal UN SMA/MA pada tanggal 1,2, 4, dan 8 April 2019. UN Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. UN SMP/MTs pada tanggal 22-25 April 2019, sedangakn UN Program Paket B/Wustha pada tanggal 10-13 Mei 2019.

tulah kumpulan daftar prediksi kisi-kisi UN dan USBN 2019 yang bisa di download dengan mudah dan lengkap mulai dari jenjang SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB, SMALB. Adapun format file kisi-kisi di atas adalah berupa pdf yang juga bisa langsung dibuka dan dipelajari melalui smartphone. [tirto.id][kompas.com]

Lihat juga:

Bagi adik-adik yang akan menghadapi UN dengan sistem pelaksanaan UNBK, kalian bisa belajar mengerjakan soal UNBK dengan menggunakan Aplikasi Simulasi UNBK Offline. Dengan menggunakan aplikasi UNBK Offline tersebut kalian bisa belajar memahami soal UNBK di rumah tanpa koneksi internet.

Mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kisi-kisi UN dan USBN bermanfaat bagi kita semua. Silahkan bagikan ke yang lain supaya teman-teman kita bisa mempelajari materi UN dan USBN tahun 2019 dengan mudah.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon