Minggu, 27 Januari 2019

Ini 7 Hal Tentang Bidikmisi 2019 Yang Harus Kamu Ketahui

Ini 7 fakta bidikmisi 2019 - Halo pejuang pendidikan, tidak ada alasan bagi kamu berhenti melanjutkan pendidikan lebih tinggi, apa lagi hanya karena tidak memiliki biaya. Pemerintah telah menyediakan bidikmisi yang siap membantu kamu yang ingin serius kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. Di sini kita akan membahas 5 Hal Tentang Bidikmisi 2019 Yang Harus Kamu Ketahui.

Ini 7 Hal Tentang Bidikmisi 2019 Yang Harus Kamu Ketahui

Bidikmisi adalah adalah beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Kamu bisa segera memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih impian.

Nah, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara dan alur pendaftaran bidikmisi 2019? Untuk daftar bidikmisi kamu sebagai calon mahasiswa wajib memiliki NISN dan NPSN yang valid untuk semua jalur seleksi PT. Ada dua jalur pendaftaran snmptn 2019, yaitu jalur SNMPTN/SBMPTN dan jalur PMDK-PN/UMPN/Mandiri. Kamu bisa membaca lebih lengkap melalui situs resminya di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Baca juga:

7 Hal Tentang Bidikmisi 2019 Yang Harus Kamu Ketahui


Selain menjadi kesempatan emas bagi seluruh pelajar di Indonesia untuk melanjutkan kuliyah, bidikmisi juga memiliki berbagai fakta menarik yang sangat menguntungkan. Berikut 5 hal bidikmisi 2019 yang wajib kamu ketahui:

1. Bidikmisi diperuntukkan bagi siswa kurang mampu

anak tukang becak terima beasiswa ke Inggris
anak tukang becak terima beasiswa ke Inggris - sumber img: nasional.tempo

Banyak jalur yang bisa ditempuh siswa untuk masuk di perguruan tinggi, salah satunya adalah melalui bidikmisi. Jalur ini dikhususkan bagi siswa/calon mahasiswa yang kurang mampu dalam ekonomi. Akan ada wawancara dan verivikasi data bahwa siswa tersebut memenuhi kriteria tidak mampu dan benar-benar layak menerima bidikmisi. Oleh sebab itu, prestasi akademik bukan tolak ukur utama jalur ini.

Nah, bagi kamu yang tidak memiliki rekam nilai baik selama sekolah jangan berkecil hati, karena tidak harus yang berprestasi untuk mendapatkan bidikmisi. Namun yang menjadi catatan, kamu harus memenuhi dan mempertahankan IP minimal yang telah disepakati. Tentu saja ini sebagai bentuk keseriusan kamu sebagai penerima bidikmisi.

2. Pendaftaran bidikmisi dilakukan secara online

diagram alur pendaftaran bidikmisi 2019
diagram alur pendaftaran bidikmisi 2019

Syarat pendaftaran dan proses penerimaan bidikmisi 2019 telah didesain lebih baik dan sederhana. Dengan memprioritaskan siswa dari keluarga tidak mampu, mereka bisa melakukan pendaftaran secara online yang bisa diakses dari berbagai wilayah di Indonesia.

Bagi penerima Program Indonesia Pintar (PIP) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau laman bidikmisi. Sedangkan bagi siswa yang bukan penerima KIP / PIP bisa mengusulkan terlebih dahulu ke pihak sekolah agar direkomendasikan sebagai calon penerima beasiswa.

3. Kuota dan dana bantuan bidikmisi meningkat

kuota dan bantuan bidikmisi semakin meningkat
kuota dan bantuan bidikmisi semakin meningkat

Mengawali tahun 2019 ini, pemerintah telah memberi angin segar bagi anak bangsa yang ingin serius kuliah. Kuota dan dana bantuan yang diberikan bisikmisi akan meningkat dari tahun sebelumnya. Bantuan yang diberikan bidikmisi 2019 meningkat dari sebelumnya Rp. 650.000 menjadi Rp. 700.000 per bulan. Demikian juga kuota penerimaan beasiswa bidikmisi 2019 meningkat menjadi 130.000 mahasiswa, jumlah ini meningkat 44% bidanding tahun kemarin.

Nah, apalagi yang kamu pikirkan? Melalui beasiswa bidikmisi kamu bisa tetap menuntut ilmu serta mendapat uang saku Rp. 700.000 per bulan (mungkin berbeda untuk setiap perguruan tinggi). Kesempatan masuk pun semakin terbuka lebar karena kota yang disediakan meningkat. Maka dari itu jangan lewatkan kesempatan berharga ini, perisapkan segalanya mulai sekarang.

4. Penerima bidikmisi, IP akan dipantau tiap semester

IP penerima bidikmisi dipantau tiap semester
IP dipantau tiap semester - sumber img: youthmanual.com

Setelah ditetapkan sebagai penerima bidikmisi kamu tidak boleh santai-santai. Kamu harus belajar lebih rajin dan selalu aktif mengikuti kegiatan di kampus. Selama berkuliah sebagai penerima bidikmisi kamu akan selalu dipantau dan diawasi oleh pihak perguruan tinggi.

Penerima Bidikmisi harus aktif di kampus, lulus tepat waktu dan memiliki IP yang konsisten minimal yang telah ditetapkan. Apabila tidak memenuhi IP tersebut, maka kamu bisa dikenai Surat Peringatan (SP), atau bahkan beasiswa langsung dicabut. Dan apabila tidak lulus tepat waktu atau empat tahun, maka kamu harus mencari beasiswa lain untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Karena beasiswa bidikmisi hanya berlaku selama empat tahun.

5. Bidikmisi tidak selalu cair tepat waktu

uang bantuan bidikmisi untuk kebutuhan kuliah
uang bantuan bidikmisi untuk kebutuhan kuliah - sumber img: sketsanews.com

Hal ini sangat penting kamu pahami supaya nanti tidak kaget dan lebih sabar menghadapi kenyataan yang ada. Penerima beasiswa bidikmisi memang akan mendapatkan uang saku tiap semester dari kemenristekdikti melalui perguruan tinggi masing-masing, namun uang tersebut tidak selalu cair tepat waktu. Jumlah uang yang diberikan pun tidak sama untuk setiap perguruan tinggi, Jumlahnya akan menyesuaikan dengan biaya hidup daerah setempat atau sesuai dengan aturan keuangan perguruan tinggi terkait.

Oleh karena itu, walaupun sudah menjadi penerima beasiswa bidikmisi, sangat disarankan untuk menyiapkan uang pegangan sendiri. Sehingga ketika sewaktu-waktu uang belum cair, kamu tidak panik, tidak mengeluh pada keluarga di rumah, dan tetap memiliki persediaan untuk kebutuhan hidup. Jadi mulai sekarang belajarlah lebih rajin mengelola keuangan secara bijak.

6. Penerima bidikmisi tidak boleh daftar di tahun berikutnya

jangan bingung memilih jurusan kuliah
mantapkan pilihanmu sebelum daftar bidikmisi - sumber img: hipwee.com

Hal ini juga sangat penting kamu ketahui. Sebelum mendaftar pastikan kamu telah mempersiapkan diri dan matang menentukan pilihan. Mengapa demikian? Sebab, setelah menjadi penerima bidikmisi kamu tidak diperbolehkan mendaftar lagi baik di perguruan tinggi negeri (PTN) yang sama ataupun berbeda.

Ingat, kesempatan memang kadang hanya terjadi satu kali. Jadi pertimbangkan dengan matang bersama keluarga dan bila perlu konsultasi ke guru serta kakak mahasiswa sehingga kamu mantap untuk memilih PTN yang akan kamu tuju.

7. Bidikmisi 2019 akan dimiliki orang yang optimis

Bidikmisi 2019 akan dimiliki orang yang optimis
bidikmisi 2019 akan dimiliki orang yang optimis

Begitu banyak syarat, ketentuan, dan dokumen yang harus dipenuhi untuk daftar dan mendapatkan beasiswa bidikmisi 2019 yang mungkin membuat kamu putus asa. Atau bahkan kamu berpikir tidak mampu kuliah karena merasa miskin, ekonomi rendah, dan tidak punya prestasi apa-apa. Buanglah pikiran pesimis ini.

Sekali lagi pemerintah telah memberi peluang selebar-lebarnya bagi kamu yang memiliki ekonomi rendah. Prioritas utama bantuan ini diberikan adalah untuk calon mahasiswa miskin bukan hanya untuk yang berprestasi saja. Percayalah bahwa bidikmisi 2019 ini hanya akan didapatkan bagi mereka yang optimis.

Demikian 7 Hal Tentang Bidikmisi 2019 Yang Harus Kamu Ketahui yang bisa kami bagikan. Jika ada hal yang memang tidak sesuai silahkan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar. Kami sangat senang hati memperbaikinya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga bermanfaat.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon