Selasa, 22 Januari 2019

Pentingnya Sentuhan Untuk Anak Remaja

Mendekati anak remaja dengan sentuhan - Hai Ayah Bunda tercinta, mungkin anda kaget atau bahkan jengkel terhadap perilaku anak semenjak memasuki usia remaja. Tidak lain itu adalah dampak pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. Ketika beranjak dewasa mereka mulai mencari jati dirinya sendiri sehingga jangan heran jika mereka tidak senang jika Ayah Bunda nasehati. Di sinilah pentingnya sentuhan untuk anak remaja harus Ayah Bunda berikan.

Pentingnya Sentuhan Untuk Anak Remaja

Penting kita sadari, mudah bagi kita memeluk dan mencium anak ketika mereka masih balita. Namun ketika telah remaja, mereka tidak lagi mau di peluk.

Ayah Bunda... Remaja memang sulit dipeluk mungkin mereka malu dilihat teman seusianya. Namun, bukan berarti mereka tidak butuh sentuhan. Psikologis dan emosi remaja masih begitu labil, terkadang mereka marah-marah tidak jelas. Ketahuilah Ayah Bunda.., bahwa di sinilah mereka sangat membutuhkan sentuhan orang dewasa.

Baca juga:

Sentuhan orang dewasa akan membuat mereka aman dan nyaman. Anak akan merasa terhubung, lebih rileks, dan mengeluarkan hormon oksitoksin yang membuatnya tenang, siap belajar serta mampu mengontrol emosinya dengan baik.

Bisa kita bayangkan, ketika mereka menghadapi masalah (marah-marah tidak jelas), tetapi kita sebagai orang tua justru menjauh. Padahal mereka sangat membutuhkan perhatian dan sentuhan dari kita. Pasti mereka mencari pelarian sentuhan fisik kepada orang lain. Jangan biarkan ini terjadi ya Ayah Bunda...

Mari membangun kedekatan dengan anak remajamu dengan cara:
  • Lakukan komunikasi secara intens, berbagi cerita dan jadi teman yang siap mendukungnya. 
  • Beri sentuhan bermakna di punggung atau pundaknya sambil bercerita kejadian yang dialaminya dengn lebih rileks. 
  • Lakukanlah aktivitas bersama dan bersenang-senang seakan tanpa jarak 
  • Ajaklah beribadah bersama, ikut taklim orang dewasa dan kenalkan ia dengan sahabat Ayah Bunda. 

Mari basuh hati dan jiwa anak remaja kita dengan sentuhan kasih sayang, maka mereka akan belajar bagaimana menyayangi orang lain dengan wajar. Jangan biarkan sentuhan orang lain yang mungkin merugikan anak remaja kita jusrtu menjadi sentuhan utama bagi mereka. Tunjukkan bahwa sentuhan Ayah Bunda lah yang paling utama, yang penuh kehangatan, kasih, dan sayang.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon