Rabu, 20 Maret 2019

Cara Mengatasi Dapodik 2019 "Aplikasi Dapodik sudah Pernah Terinstall"

Halo sahabat operator sekolah yang berbahagia, kali ini saya akan berbagi pengalaman permasalahan saat ingin memperbarui aplikasi dapodik terbaru, yakni dari Versi 2019.b ke Versi 2019.c.

Beberapa pekan terakhir demi pemutakhiran data, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah merilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c dalam rangka pemutakhiran data Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 yang merupakan perbaikan dan pembaruan dari Versi 2019.b.

Dalam proses instalasi kadang ada saja hal yang tidak kita inginkan terjadi. Sering terjadi eror bahkan gagal. Seperti saat yang saya alami gagal instal dapodik muncul keterangan "Aplikasi Dapodik sudah pernah terinstall. Gunakan updater memperbaruhi aplikasi anda. (Jangan di-install ulang sebelum melakukan sinkronisasi, karena dapat menyebabkan data Anda sebelumnya hilang!)"

Secara sekilas masalah tersebut seakan karena aplikasi dapodik versi lama masih terpasang di komputer yang kita gunakan. Saya pun bingung padahal dapodik sebelumnya sudah saya uninstal tetapi masih muncul keterangan bahwa Aplikasi Dapodik sudah pernah terinstall. Kira-kira apa penyebabnya?

Setelah saya pelajari dari berbagai informasi di internet, ternyata permasalahan tersebut disebabkan karena dapodik tidak teruninstall secara sempurna. Masih ada sistem dapodik yang menempel di komputer.

Lalu bagaimana Cara Mengatasi Dapodik 2019 "Aplikasi Dapodik sudah Pernah Terinstall"?


Untuk mengatasi gagal memperbarui aplikasi dapodik sudah pernah terinstall kita perlu masuk ke menu registry editor. Lebih lengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan aplikasi dapodik sudah tidak ada lagi Control Panel\Programs\Programs and Features
2. Pastikan folder Dapodik sudah terhapus di dalam Local Disk (C)
3. Masuk ke menu registry editor dengan cara menekan tombol Windows+R dan ketikan regedit lalu enter.
4. Klik HKEY_LOCAL_MACHINE-SOFTWARE lalu cari dan hapus folder DitjenDikdasmen

Mengatasi Dapodik Sudah Pernah Terinstall

Ke empat langkah tersebut untuk memastikan bahwa aplikasi dapodik versi lama telah ter uninstall dengan sempurna. Setelah empat langkah tersebut sudah dilakukan sekarang coba kembali proses instalasi dapodik versi terbaru.

Demikian Cara Mengatasi Dapodik 2019 "Aplikasi Dapodik sudah Pernah Terinstall" berdasakan pengalaman yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu sahabat operator di sana. Mohon maaf jika ada kesalahan. Jika ada permasalahan lain yang belum terpecahkan silahkan tinggalkan di kolom komentar dan mari kita pecahkan bersama.

1 komentar

Pak saya mau bertanya?, bagaimana cara memasukkan siswa di rombel kls 2 s/d 6 untuk SD ya?, kok yg mncul cuma nama siswa kls 1 saja yg bsa ditambahkan ke versi 2019.c padahal nama Peserta Didik lengkap di data Dapodik, trimakasih.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon