Minggu, 23 Juni 2019

Ternyata Berhasil, Ini Cara Saya Melaporkan Blog Copy Paste ke Google DMCA

Tags

Cara melaporkan copy paste artikel ke google DMCA - Hai sahabat risalahku.com yang berbahagia. Kali ini saya kan berbagi pengalaman melaporkan blog yang telah mencuri artikel saya. Yang akan saya bagikan adalah pengalaman nyata dan terbukti blog plagiat yang telah melanggar hak cipta berhasil dihapus oleh google.

Ini Cara Saya Melaporkan Blog Copy Paste ke Google DMCA

Sebagai seorang blogger tentu sangat jengkel jika artikel yang kita tulis berjam-jam bahkan berhari-hari seenaknya dicopy paste orang. Tindakan plagiat memang benar-benar harus ditindak tegas agar tidak memperbanyak konten plagiat yang hanya menjadi sampah di google.

Ngeblog itu memang tidak mudah, butuh perjuangan untuk mengisi konten. Namun tidak jarang yang mengambil jalan pintas dengan cara yang tidak pantas, yakni copy paste artikel.

Untungnya google menyediakan layanan melindungi hak cipta dan keaslian karya kita. Melalui google DMCA kita bisa melaporkan pelanggaran artikel blog yang telah di copy paste orang tanpa izin. Baik itu di copas secara utuh ataupun di copas sebagian.

Sebelum artikel ini ditulis, google DMCA telah menghapus 3 url yang saya laporkan, bahkan sampai menghapus blognya. Berikut cara melaporkan artikel copas ke google DMCA yang saya lakukan:

Langkah-langkah melaporkan pelanggaran artikel ke google DMCA


  1. Login ke google menggunakan email aktif
  2. Masuk ke Google Search Console Penghapusan Hak Cipta lalu pilih "buat pemberitahuan baru" atau bisa langsung ke link berikut https://www.google.com/webmasters/tools/dmca-dashboard
  3. Setelah itu akan muncul formulir informasi kontak, isilah sesuai kenyataan yang ada.
    formulir pelaporan pelanggaran artikel
    isian formulir 1
  4. Isi nama depan dan nama belakang sesuai dengan nama yang ada di email.
  5. Isi nama perusahaan dengan nama situs kamu
  6. Pada isian pemegang hak cipta pilih "diri sendiri"
  7. Isi email yang sekarang kamu gunakan untuk melaporkan karena pemberitahuan akan dikirim ke email tersebut.
  8. Pilih Negara/Kawasan di mana saat ini kamu membuat laporan dugaan pelanggaran konten
  9. Selanjutnya sertakan link artikel yang melakukan pelanggaran dan artikel yang dilanggar. Ingat jangan sampai salah memasukkan linknya.
    cara mengisi formulir melaporkan ke google dmca
    isian formulir 2
  10. Isi sedikit deskripsi yang menjelaskan tentang pelanggaran hak cipta, boleh bahasa Indonesia tidak harus bahasa Inggris. Berikut deskripsi yang saya gunakan untuk melaporkan artikel copas "Telah terjadi plagiat atau copy paste artikel asli saya tanpa izin pada beberapa situs. Jelas ini merupakan pelanggaran hak cipta, jadi mohon tindak dengan tegas".
  11. Isi dengan URL artikel asli / artikel yang di copy paste / konten yang dilanggar.
  12. Isi dengan URL artikel copas / situs yang melakukan pelanggaran.
  13. Kemudian yang terakhir adalah pernyataan tersumpah yang menyatakan bahwa yang melaporkan benar-benar pemilik artikel.
    isian formulir 3
  14. Pastikan seluruh data isian sudah terisi dengan benar lalu centang pernyataan tersumpah pada formulir.
  15. Isi tanggal dan nama tanda tangan, pastikan nama yang bertanda tangan sesuai nama pada akun gmail.
  16. Setelah semua sudah terisi dengan benar, silahkan kirim laporan dan tunggu proses peninjauan laporan hingga selesai.

Berikut bukti laporan pelanggaran hak cipta saya yang telah disetujui oleh google DMCA

bukti persetujuan google DMCA

Sekarang URL tersebut telah dihapus bahkan situsnya pun hilang dari google. Ini merupakan bukti tegasnya google dalam menindaklanjuti pelanggaran hak cipta yang sangat merugikan pembuatnya.

Baca juga:

1. Apakah sebagian artikel di copas masih bisa dilaporkan?

Mungkin sebagian penasaran apakah artikel yang di copy paste hanya sebagian jika dilaporkan akan tetap disetujui? Menjawab pertanyaan ini akan saya paparkan melalui pengalaman pribadi saya.

Saat itu saya iseng searching di google dengan kata kunci judul artikel yang pernah saya posting. Ternyata yang muncul di halaman depan bukan dari blog saya melainkan blog lain, padahal kata kunci tersebut seharusnya yang tampil adalah dari blog saya.

Lama saya perhatikan ternyata isi blog lain tersebut adalah hasil rewrite dari artikel asli saya. Ia sedikit cerdas mengganti beberapa judul dan isi artikel direwrite menggunakan dan mengganti dengan persamaam kata. Mungkin niatnya biar tidak terdeteksi plagiat.

Melihat kenyataan itu, saya pun penasaran apakah blog tersebut masih bisa di laporkan ke google DMCA? Untuk memastikannya akhirnya saya pun tetap mencoba melaporkan, ternyata berhasil 100% dan blognya pun hilang karena telah dihapus.

Kesimpulannya, mengganti sebagian judul dan isi artikel akan tetap terdeteksi sebagai konten plagiat bukan konten unik. Oleh karena itu, jika kamu suka rewrite siap-siap saja blog kamu terhapus. Dan jika artikelmu di rewrite tanpa izin, jangan segan-segan segera laporkan.

2. Tanggal artikel copas telah diganti apakah bisa dilaporkan?

Umumnya para copasser memang cerdas, dengan licikknya mereka mengganti tanggal postingan artikel seolah-olah dialah pemilik artikel asli. Padahal google memiliki cara dan sistem tersendiri untuk membaca kapan sebenarnya artikel dipublikasikan.

Jadi walaupun mereka merubah tanggal artikel copas, maka artikel tersebut tetap akan terdeteksi kapan dan di mana mempublikasikannya. Malah menurut pendapat saya, memanipulasi tanggal publikasi artikel semakin besar kemungkinan terdeteksi sebagai pelanggaran hak cipta.

Artikel asli yang saya publikasi tertanggal 23/04/2016 kemudian di copas dan di publikasi ulang tertanggal 20/02/2019 oleh mereka. Nah, dari sini seolah mereka yang pertama kali melakukan publikasi artikel, padahal sebaliknya. Hal seperti ini justru malah semakin memungkinkan laporan google DMCA segera disetujui.

3. Berapa lama google DMCA akan menyetujui laporan?


Setelah pelaporan selesai kita lakukan, selanjutnya kita hanya bisa menunggu peninjauan google DMCA apakah ditolak atau diterima. Namun berapa lama akan disetujui?

Lama proses peninjauan google DMCA terhadap laporan pelanggaran hak cipta tergantung antrian saat itu. Kadang ada yang sangat cepat hanya 2-4 hari, kadang juga berminggu-minggu.

Berdasarkan pengalaman, pelaporan saya disetujui dalam waktu 14 hari / 2 minggu. Apapun hasilnya, diterima atau ditolak pasti google mengirim pemberitahuan melalui email yang kita gunakan untuk melaporkan.

4. Konten hasil copas mengapa tidak dihapus google?


Mungkin kamu pernah ketemu beberapa artikel copas tetapi masih tetap tengger di halaman utama. Kenapa google tidak menghapusnya?

Besar kemungkinan pemilik artikel asli tidak melaporkan ke google DMCA, si pemilik mungkin tidak merasa di rugikan dan tidak menganggapnya sebagai pelanggaran hak cipta.

Intinya, google DMCA akan menindak pelanggaran jika ada laporan dan tidak akan bertindak jika tidak ada laporan.

Demikian Cara Saya Melaporkan Blog Copy Paste ke Google DMCA yang bisa saya bagikan. Mungkin sudah banyak sekali yang menulis tentang pelaporan hak cipta seperti ini. Namun tidak ada salahnya saya ikut menyumbang ilmu serupa. Semoga bermanfaat.

1 komentar

Kalo dari pengalaman saya, melaporkan artikel copas itu memang sangat mudah, apalagi yang ngopas blognya masih blogspot, dengan cepat google DMCA akan segera menghapus artikel copas.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon