Rabu, 03 Juli 2019

Download Raport Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017 Bisa Diedit

Aplikasi raport K13 SMP/MTs terbaru bisa di edit dan gratis - Mungkin sudah banyak teman di sana yang telah membagikan aplikasi raport k13 untuk SMP/MTs  secara gratis. Namun kemungkinan juga masih banyak kawan di sana belum puas dengan format raport yang dibagikan tersebut. Mengapa demikian? Karena kebanyakan format raport k13 telah dikunci sehingga tidak bisa diedit sesuai kebutuhan.

Download Raport Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017 Bisa Diedit

Melalui sebuah aplikasi raport K13 SMP berbasis excel ini wali kelas tidak perlu repot membuat deskripsi satu persatu tiap mata pelajaran. Untuk membuat deskripsi raport K13 wali kelas cukup memasukkan Kompetensi Dasar (KD) tiap mata pelajaran, selanjutnya pada kolom deskripsi akan muncul secara otomatis sesuai nilai yang diperoleh siswa.

Nah, pada kesempatan kali ini admin ingin ikut berbagi aplikasi serupa, yakni aplikasi raport kurikulum 2013 untuk SMP terbaru revisi 2017 tanpa proteksi sehingga bisa diedit dan diotak atik sesuai kebutuhan sekolah. Anda bisa download secara gratis di sini.

Dropbox
GDrive
*Jika link mati / tidak dapat diakses silahkan lapor via kontak yang tersedia
LINK DOWNLOAD TERKUNCI.
Silahkan SHARE untuk membuka kunci!






Adapun format raport di sini kurang lebih telah saya sesuaikan dengan panduan resmi penilaian kurikulum 2013 tingkat SMP revisi 2017 oleh kemendikbud direktorat pembinaan SMA tertanggal Juni 2017. Contoh format raport K13 SMP/MTs revisi 2017 dari panduan kemendikbud bisa dilihat pada gambar berikut:

Contoh Format Resmi Raport K13 SMP Revisi 2017

Hal penting dalam penyusunan penilaian kurikulum 2013 adalah teknis penentuan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dalam raport k13 ada dua model KKM yang bisa digunakan yaitu multi KKM dan satu KKM. Keduanya nantinya akan membedakan nilai interval dan predikat antar mata peljaran.

Satuan pendidikan bisa memilih multi KKM, artinya setiap mata pelajaran memiliki KKM masing-masing yang berbeda. Model multi KKM memiliki konsekuensi perbedaan nilai interval dan prediket setiap mata pelajaran. Misalnya, KKM mapel Bahasa Indonesia adalah 70 dan Matematika adalah 60 maka jika siswa memperoleh nilai 70 untuk B. Indo maka predikatnya adalah C, dan jika memperoleh nilai 70 untuk MTK maka prediketnya B. Sama memperoleh nilai 70 tetapi predikat berbeda karena memiliki nilai interval yang berbeda.

Sedangkan sekolah yang memilih satu KKM maka seluruh mata pelajaran memiliki nilai interval dan predikat yang sama karena hanya menggunakan satu ukuran KKM yang sama. Untuk lebih jelas melihat perbedaannya silahkan lihat langsung pada aplikasi raport K13 SMP yang sudah didonwload.

Berdasarkan buku panduan penilaian raport K13 SMP revisi 2017, sistematis atau susunan raport Kurikulum 2013 yang benar kurang lebih adalah sebagai berikut:

  1. Sampul Depan:
  2. Identitas Sekolah
  3. Keterangan Diri Peserta Didik
  4. Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
    1. Penilaian Sikap
    2. Penilaian Pengetahuan
    3. Penilaian Keterampilan
    4. Ekstrakurikuler
    5. Prestasi Peserta Didik
    6. Ketidakhadiran
    7. Catatan Wali Kelas
    8. Tanggapan Orang Tua/Wali
    9. Keputusan Kenaikan Kelas
    10. Tanda Tangan Kepala Sekolah, Wali Siswa, dan Orang Tua
  5. Keterangan Mutasi Peserta Didik
  6. Catatan Prestasi yang Pernah Diraih

Demikian tentang Download Raport Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017 Bisa Diedit yang bisa admin bagikan. Apabila ada kekurangan bahkan kesalahan pada raport yang admin bagikan ini, admin mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mohon kiranya untuk dibenarkan. Sekian semoga bermanfaat.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon