Kamis, 19 September 2019

Tidak Bisa Download Data Prefill Sekolah Dapodik 2020

Tidak bisa download data prefile sekolah merupakan masalah yang paling umum terjadi. Biasanya ketika generate prefill muncul keterangan gateway time out atau browser berputar terus seperti tidak ada respon sama sekali, padahal jika di cek koneksi internet berjalan dengan lancar. Nah pada kesempatan ini risalahku.com akan berbagi cara generate prefill dapodik 2020 dengan sempurna.

Tidak Bisa Download Data Prefill Sekolah Dapodik 2020

Saat instalasi dapodik ada dua langkah yang bisa dilakukan yakni secara online dan offline. Secara online kita cukup memasukkan kode registrasi, username, dan password saja. Berbeda jika instalasi dapodik secara offline maka diperlukan data prefill sekolah terbaru. Sangat tidak dianjurkan menggunakan data prefill lama.

Nah untuk mendapatkan prefill sekolah terbaru kita harus mengunduhnya langsung melalui website resmi dapodikdasmen. Namun, masalah yang paling sering terjadi adalah sulitnya mengakses link prefill sekolah  yang sudah disediakan secara resmi. Sering terjadi eror, time out gateway, hanya loading saja saat membuka link prefill sekolah, dan lain sebagainya.

Saya sendiri juga kurang tahu pasti apa penyebabnya. Namun besar kemungkinan saking banyaknya yang mengakses link prefill sekolah sehingga server pusat tidak mampu melayani dengan baik. Mungkin juga koneksi internet yang digunakan terlalu lambat. Atau bisa juga karena alamat IP yang digunakan sudah terblokir karena terlalu sering digunakan.

Cara Download Data Prefill Sekolah Dapodik 100% Ampuh


Sebelum masuk ke pembahasan tentang langkah-langkah melakukan generate prefill dapodik sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum antara lain:

  1. Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di aplikasi dapodikdasmen secara offline.
  2. Data sekolah yang diambil adalah hasil sinkronisasi terakhir aplikasi dapodik versi tahun sebelumnya.
  3. Masukan Username, password, dan kode registrasi sesuai di aplikasi dapodikdasmen.
  4. Jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username, dan password, dapat diganti oleh admin dapodikdasmen di dinas pendidikan kabupaten/kota untuk jenjang SD/SMP, dan Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SMA/SMK/SLB.
  5. Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill. dengan syarat harus terhubung internet (daring/online).
  6. Jangan melakukan registrasi menggunakan prefill dapodik yang lama, jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus sinkronisasi sampai generate prefill dapodik ulang, untuk mencegah duplikasi data.

Proses Generate Prefill Dapodik 2020

Selengkapnya untuk memulai proses generate prefill dapodik silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka laman https:dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.
  2. Pilih Menu Data Prefill.
  3. Pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia.
  4. Masukan Username, password, dan kode registrasi.

Apabila langkah diatas tidak berhasil atau gagal maka untuk mengatasi tidak bisa download data prefill sekolah dapodik 2020, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba:

  1. Bersihkan history browser yang digunakan
  2. Bersihkan chace DNS melalui CMD. Caranya: tombol windows+R - ketik CMD lalu enter - ketik ipconfig /flushdns lalu enter.
  3. Restart (matikan lalu nyalakan lagi) modem/wifi/koneksi internet yang digunakan.
  4. Restart laptop atau komputer yang digunakan.

Langkah di atas sudah pernah saya lakukan sendiri dan terbukti berhasil sehingga download prefill dapodik saya berjalan dengan lancar. Jika masih mengalami kendala silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Demikian Cara Download Data Prefill Sekolah Dapodik yang bisa saya bagikan. Mohon maaf jika penjelasannya sulit dipahami, semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon